KERASUKAN SETAN

Markus 1: 21-28


Saudara MISI ALLAH didunia ini adalah MENYELAMATKAN manusia dari DOSA dan VISI ALLAH mengirimkan YESUS KRISTUS anakNya untuk melakukan PENEBUSAN dosa dengan cara:
  1. YESUS LAHIR dari tubuh manusia berdosa namun dengan Roh Kudus (DATANG dari sorga)
  2. MENGAJARKAN tentang kebenaran Firman Tuhan
  3. MENYEMBUHKAN orang sakit
  4. MEMBANGKITKAN orang mati
  5. MENGUSIR setan
  6. Yesus MATI, BANGKIT & NAIK KE SORGA (PULANG ke Sorga)
  7. Mengirimkan Roh Kudus itu kepada setiap orang yang percaya
Karena Ia datang dari Sorga  makanya Ia Berkuasa. Ia memiliki KUASA, dalam mengajar,  meyembuhkan, membangkitkan dan mengusir setan!. Oleh karena itu semua orang takyub, heran dan kagum akan pekerjaaNya! Dan setanpun tunduk dan patuh!. Tidak seperti ahli-ahli taurat, orang-orang farisi dan tukang tenung atau ahli sihir!

Bacaan kita hari ini berhubungan dengan orang yang KERASUKAN SETAN dan dengan kuasa Allah yang maha kudus Yesus mengusir setan itu, dan setan itupun takut kepadaNya! (baca ayat 24).  Saudara  kalau setan itu tahu bahwa Yesus itu yang kudus dari Allah, mengapa ada banyak manusia tidak mengikuti pengakuan setan yaitu mengakui Yesus yang kudus dari Allah artinya percaya kepada Yesus!!!, namun ternyata sebaliknya banyak orang lebih takut kepada setan  daripada takut kepada Tuhan!.

Siapa yang tidak takut sama setan?... kalau malam ini tiba-tiba mucul didepan bapak/ibu .... atau pernah kerasukan? Mungkin tidakn ya tapi kalau diganggu/diserang setan? Mungkin ini ada ya.  Saya punya pengalaman tahun 2007 di Bali. Kebiasaan saya masuk hotel saya sucikan dan kuduskan tempat itu saya sadari benar ketika saya keluar dari rumah kita masuk dalam peperangan rohani (melawan penguasa2 di udara di langit diatas bumi dan dibawah bumi) oleh karena itu lawanlah dengan Iman yang teguh!!............

Saudara yang dimaksud dengan kerasukan roh jahat? Kerasukan roh jahat (setan ) itu adalah roh jahat atau setan itu secara langsung menguasai pikiran dan/atau perbuatan dari orang tsb (ayat-23)  lihat juga Lukas 4:33-35; 8:27-33; Matius 17:14-18.  sedangkan  diganggu/ dipengaruhi oleh setan berarti setan menyerang orang tsb dan/atau mendorong mereka untuk berbuat dosa (1 Petrus 5:8-10; Yakobus 4:7).

Pertanyaannya Dapatkah seorang Kristen kerasukan setan? Alkitab tidak secara eksplisit (terbuka) mengatakan apakah seorang Kristen dapat kerasukan setan atau tidak. Namun karena orang Kristen didiami oleh Roh Kudus (Roma 8:9-11; 1 Korintus 3:16; 6:19) nampaknya tidak mungkin bahwa Roh Kudus akan membiarkan roh jahat untuk menguasai orang percaya. Saya tidak dapat membayangkan bahwa Allah akan mengijinkan salah satu dari anak-anakNya, yang telah dibeliNya dengan darah Kristus (1 Petrus 1:18-19) dan dijadikan ciptaan baru (2 Korintus 5:17) untuk dirasuki dan dikuasai setan. Ya, sebagai orang-orang percaya kita berperang dengan Iblis dan setan-setan, namun bukannya dalam diri kita sendiri. 1 Yohanes 4:4 menyatakan, “Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.” Siapakah Dia yang ada di dalam kita? Roh Kudus. Siapakah roh yang ada di dalam dunia? Iblis dan setan-setan. 

Pada ayat 23 ada seorang yang kerasukan di dalam rumah Ibadat ini dimungkinkan karena saat itu  Roh Kudus belum turun keatas semua orang percaya, lalu bagaimana dengan kita saat ini ternyata saya pernah menyaksikan disalah satu sekolah kristen di jawa tengah terjadi kerasukan mengapa bisa demikian? Ada 2 kemungkinan ia bisa dirasuki karena:
  1. Ia membiarkan hatinya dikuasai oleh dosa terus menerus sehingga membuka pintu masuk bagi setan.
    • dalam II Korintus 2:10-11 orang yang tidak mau mengampuni memberi keuntungan kepada setan. 
    • I Yohanes  4:1-4 orang yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus, karena mereka tidak memiliki Roh Allah atau Roh Kudus.
  2. Penyembahan berhala dan tertarik pada okultisme dan kuasa-kuasa kegelapan ini juga membuka pintu masuk bagi setan
    • Dalam Imamat 17:7 jangan memberikan persembahan kepada zin-zin
    • I Korintus 10:20 Bukan!, jangan beri persembahan kepada roh-roh jahat dan bersekutu dengannya/ menyembah. Baca yang lainnya juga Ulangan 32:17; Mazmur 106:37; I Korintus 10:20.

Dalam kasus-kasus lainnya kerasukan setan menyebabkan orang melakukan kejahatan, seperti pada Yudas dia membuka hatinya pada kejahatan (dalam kasus ini ketamakannya – Yohanes 12:6).  Dalam kasus orang dari Gerasa yang kerasukan banyak roh, dia memiliki kekuatan yang melampaui kekuatan manusia, berkeliaran dengan telanjang dan berdiam di kuburan. Raja Saul, setelah memberontak melawan Tuhan, diganggu oleh roh jahat (1 Samuel 16:14-15; 18:10-11; 19:9-10) yang mengakibatkan depresi dan keinginan dan kesiapan untuk membunuh Daud. Dengan demikian ada beraneka macam gejala dari kerasukan setan, seperti kelemahan jasmani yang bukan disebabkan oleh gangguan fisiologis, perubahan kepribadian seperti depresi berat atau sifat agresif yang tidak masuk akal, kekuatan supranatural, ketidakpedulian terhadap kepantasan atau interaksi sosial yang “wajar,” dan mungkin juga kemampuan untuk memberi informasi yang tidak dapat diketahui secara biasa.

Penting untuk tidak  mencap setiap orang yang depresi atau yang mengidap penyakit epilepsi sebagai kerasukan setan. Mengenai pengaruh setan dalam kehidupan orang-orang Kristen, rasul Petrus adalah contoh bahwa orang percaya dapat DIPENGARUHI oleh si jahat (Matius 16:23). Ada orang yang menyebut orang-orang Kristen yang secara KUAT dipengaruhi oleh setan sebagai “diganggu oleh setan” namun tidak pernah ada contoh dalam Alkitab di mana seorang yang percaya pada Kristus kerasukan setan, dan kebanyakan teolog percaya bahwa seorang Kristen TIDAK DAPAT kerasukan setan karena dia memiliki Roh Kudus yang tinggal di dalamnya (2 Korintus 1:22; 5:5; 1 Korintus 6:19).

Jadi orang percaya tidak mungkin kerasukan setan kecuali ia bersekutu dengan setan dan menyimpan kebencian dan akar pait terus menerus bagaimana utuk melawan setan. Lawanlah dengan Iman yang teguh serta  jaga Kesucian & Kekudusan hidup

Comments

Popular posts from this blog

Tujuan, Manfaat dan Cara Puasa

Anak adalah milik Pusaka Allah

Allah Menepati Janji-Nya