Allah Menepati Janji-Nya

Bacaan: 2 Samuel 7 :24-26

Saudara keberanian Raja Daud menagih janji Tuhan yang disampaikan nabi Nathan dalam doa syukurnya membuktikan Daud adalah seorang yang Tulus, Jujur dan Benar dihadapan Tuhan seperti dicatat dalam Alkitab.  Siapakah dari kita yang berani menagih janji terhadap sesamanya kalau tidak bisa membuktikan ketaatan kita terhadap orang yang kita tagih janjinya?.  Karena di dalam janji terdapat hubungan sebab dan akibat.
Sejak semula ketika bangsa Israel dipanggil keluar dari tanah perbudakan di Mesir untuk mereka beribadah kepada Tuhan diperhadapakan dengan dua pilihan Berkat untuk ketaatan dan Kutuk untuk ketidak taatan. Itulah yang Tuhan janjikan kepda umat Tuhan.

Allah begitu menghargai kerinduan Raja Daud untuk membangun Bait Allah di dunia ini itu adalah suatu kehormatan yang Tuhan berikan kepada Daud, tetapi karena tangan Daud sudah berlumuran darah karena dosa terhadap Uria dan Istrinya, maka Allah mengambil kehormatan itu dari padanya dan memberikan kepada anaknya Salomo.
Sebenarnya kalau Tuhan mau menyatakan kehendak-Nya engga perlu pakai janji-janji. Ia berkuasa, I a adalah setia dan tidak pernah lalai menepati Janjinya tapi karena ketidaktaatan umat manusia,  Ia menunda-nunda Janji-Nya sampai kepada manusia itu taat kepada-Nya barulah Ia menyatakan kehendak-Nya!.

Untuk menyatakan Janji bahwa kerajaan Daud tidak akan pernah terputus selama-lamanya, kerajaa-Nya kekal.  Umat Tuhan harus menunggu 28 keturunan/ atau generasi dari sejak Daud ke Babel 14 keturunan dan dari Babel kepada lahirnya Kristus Yesus 14 keturunan  suatu masa yang sangat panjang ratusan tahun bahkan ribuan tahun sejak manusia jatuh kedalam dosa!.  Mengapa Allah sedimikian lama menyatakan kehendak-Nya.  Ia hanya menunggu waktu yang tepat yaitu ketika umat benar-benar layak untuk menerima kedatangan Mesias Tuhan kita Yesus Kristus!. 

Untuk kedatanga-Nya saja Allah mempersiapkan sedemikian rupa dengan mengirimkan Gabriel menemui  Zakaria Imam Allah dan menyampaikan pesan kepada Elisabeth yang sudah tua akan melahirkan seorang anak dan diberi nama langsung dari Sorga Yohanes (Yohanes Pembabtis) Ia dicatat oleh Alkitab sebagai orang yang mempersiapkan jalan bagi Tuhan Yesus yang akan Lahir dengan peristiwa yang sama tetapi agak sedikit berbeda dimana Gabriel datang secara langsung menemui Maria.  Inilah pivotal point atau titik balik dimana tidak ada lagi pembatas atau perantara antara manusia dan Allah, tidak perlu lagi iman untuk berbicara langsung dengan Allah, tidak perlu lagi Bait Allah yang kelihatan untuk menyatakan Allah hadir ditengah umat-Nya karena tabir Bait Allah yang membatasi ruang maha kudus itu telah dirobohkan oleh pengorbanan Darah Yesus Kristus!.

Oleh karena itu penggenapan kerajaan Allah yang tidak akan pernah terputus kekal selama-lamanya telah digenapi didalam Karya Kristus di kayu salib!. 

Kedatangan Kristus ke Dunia membuktikan kasih setia Allah kepada umat-Nya sangat besar! Yaitu memulihkan kemuliaan Allah yang hilang sejak semula dunia ini diciptakan diberikan kepada manusia tetapi lewat Kristuslah semua boleh di peroleh kembali.

Sudahkah saudara menikmati Janji-Janji Allah dalam hidupmu?,  kalau belum lakukannlah seperti apa yang Daud lakukan tagih janji Tuhan, katakana Firman-Nya karena Firman-Nya amin dan ya, tetapi kalau sudara merasa belum menrimanya,  koreksi diri apakah ada sesuatu yang menyumbat aliran berkat Allah datang kepada saudara?  Kalau ada Bersihkan dahulu.  Ranting yang tidak berbuah pasti akan dipotong,  dan yang berbuah akan dibersihkannya supaya berbuah lebat.

Saudara Allah tidak memandang muka, Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermaikan sebab barang siapa salah ia akan menanggung kesalahanya, dan apa yang kamu tabur itu yang kamu tuai.  Konsekuensi ini harus ditanggung baik oleh orang percaya atapun tidak.  Tetapi kasih setia Tuhan tidak pernah dipengaruhi  oleh kesetiaan ataupun ketidak setiaan manusia, tangan-Nya tetap terbuka untuk pertobatan dan ketika manusia bertobat dari jalan-jalannya yang Jahat maka Tuhan akan memulihkan kehidupanya!.  Tuhan Yesus katakan apapun juga yang kamu minta Aku akan berikan supaya Bapa di dalam Aku dipermuliakan! Tetapi syaratnya Tinggallah di dalam Kristus dan biarkan Firman-Nya tinggal dan hidup di dalam diri kita!.

Selamat  Natal 2012!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tujuan, Manfaat dan Cara Puasa

Anak adalah milik Pusaka Allah