MENGAPA KITA MEMERLUKAN GEREJA?

“Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang”
- I Timotius  4:8 -

Saudara peristiwa di tahun 70M dimana bait Allah di Yerusalem dirobohkan dan kota Yerusalem dilluhtantakan dan korbanya mencapai 1,1 juta orang[1]  selain merupakan penggenapan dari penglihatan  nabi Yehezkiel dalam Yehezkiel 9:1-11. dimana Allah memusnahkan orang-orang fasik atau keji baik orang tua, dara, teruna, anak-anak kecil dan perempuan di Yerusalem yang tidak diberi tanda “T”[2], mulai dari  tua-tua di pelataran bait Allah sampai ke tengah kota Yerusalem, tapi lebih dari itu merefleksikan bahwa Allah sangat kecewa dengan sikap suku-suku Israel  (Yehuda) mereka terus jatuh kedalam dosa berulang-ulang kali dan dan membuat Allah kecewa dan puncaknya penolakan Mereka secara nasional terhadap Yesus Kristus!. Sehingga Allah melepaskan hak Istimewa dari mereka yaitu sebagai “umat pilihan”.  Sejarah mencatat 10 suku telah lenyap dan hanya tersisa 3 suku sampai  masa awal Masehi yaitu Suku Yehuda (Yesus), Suku Lewi (imam Zakaria)  dan Suku benyamin (Rasul Paulus) tapi sepertinya 3 suku itupun telah lenyap pada tahun 70M ketika nubuatan Yehezkiel dinyatakan dimana Yerusalem diluluhlantakan! Dan Allah menyerahkan Hak istimewa umat pilihannya Tidak lagi kepada suku-suku Isreal tetapi kepada Geraja!. Kita tahu bersama siapa pendiri gereja itu dialah Yesus Kristus, singa dari Yehuda, tunas Daud[3]. Yesus sendiri mengatakannya “Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya”[4]
Didalam Kristus, kita (orang Yahudi dan non-Yahudi) telah dipersatukan, tembok pemisah antara keduanya telah dirobohkan; dengan kematianNya diatas kayu salib, Ia menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru didalam diriNya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera. Orang non-Yahudi didalam Kristus melalui Injil menjadi ahli waris, satu tubuh dan satu perjanjian pula (Efesus 2:13-15). Jika dalam kerajaan Allah yang kekal, tidak lagi terdapat diskriminasi antara Yahudi dan non-Yahudi. Itu berarti penglihatan ini menunjuk ke masa depan dimana akan banyak orang yang akan diselamatkan sejauh yang Tuhan kehendaki yaitu bagi mereka yang menerima tanda!. Dalam gereja perdana tanda atau metrai itu  dikaitkan dengan 2 hal:
1.        Baptisan yang memiliki makna bahwa suatu tanda telah dikenakan kepadanya sebagai tanda bahwa ia telah milik Allah (Mat 28:19)
2.        Rasul Paulus biasanya berbicara tentang orang Kristen yang dimetraikan lewat pemberian Roh Kudus sebagai tanda bahwa seseorang telah menjadi milik Allah. Orang Kristen sejati ditandai oleh metrai Roh yang memampukan dia untuk memiliki hikmat dan kekuatan untuk menjalani kehiduan dengan cara yang melampaui capaian orang lain. (Yoh 14:26)
Jadi kehadiran GEREJA yang adalah Israel baru, yang adalah umat yang layak kepunyaan Tuhan  dibabtis[5]dan memiliki Roh Kudus[6] merupakan ciri atau Tanda yang baru sebagai umat kepunyaan Allah.  Oleh karena itu ciri atau tanda yang baru ini harus terus melekat dan bertumbuh didalam setiap orang percaya. Bagaimana kita dapat bertumbuh? Rajinlah beribadah (ke gereja)! Karena  akan menguntungkan hidup kita baik saat ini maupun saat akhir zaman nanti![7].   Dimana saudara di metrai atau tanda dari Allah dalam baptisan dan menerima Roh Kudus?, dimana sudara bertumbuh (makan dan minuman rohani) akan pengenalan akan Tuhan?, dimanakah saudara di sidi?, dimanakah pernikahan saudara berkati?, dimanakah mayat saudara diberkati?  Jawabannya tentu di GEREJA!. 
Mungkin saudara akan berkata gereja itu bukan gedungnya? Sehingga buat apa datang ke gereja dan rajin persekutuan? Mungkin pandangan ini tidak salah, karena gereja adalah Gereja Tubuh Kristus. Efesus 1:22-23, dimana Kritus sebagai kepala dan jemaat itu tubuhNya, tubuhnya terdiri dari orang-orang percaya yang dipanggil keluar dari dalam gelap ke dalam terangNya yang ajaib atau “Ekklesia” (yunani). Tubuhnya atau jemaatnya ini tersebar diseluruh dunia ini yang kita sebut dengan Gereja Universal!. 
Seperti layaknya tubuh kita, gereja yang adalah Tubuh Kristus dan kita ini adalah anggota tubuhNya perlu bertumbuh bukan?. Bagaimana caranya kita bertumbuh? Utuk bertumbuh kita perlu Gereja Lokal tentunya, suatu kelompok tertentu (suku, bahasa & bangsa yang sama) mereka bertemu pada suatu tempat entah rumah, gedung atau halaman terbuka  tapi ya resikonya kena hujan dan kedinginan tentunya jemaat akan terganggu mau tidak mau harus ada suatu tempat yang tertutup agar lebih nyaman. Maka lahirlah gedung gereja atau gereja rumah dll.  seperti yang digambarkan Rasul Paulus kepada jemaat di Galatia [8] juga didalam kitab kita diingatkan untuk Jangalah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberpa orang tetapi marilah kita saling menasihati dan semakin giat melakukannya……”[9].  Demikian juga Timotius menyampaikan bahwa Beribadah itu menguntungkan untuk hidup saat ini dan yang akan datang Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang. [10]
Jadi kesimpulannya kita sungguh memerlukan gereja lokal untuk rohani kita bisa bertumbuh!. Karena gerejalah yang dapat memberikan makanan dan pertumbuhan rohani bahkan juga jasmani,  di benua Amerika, Gereja adalah solusi jawaban hidup ketika keluarga, pemerintah, lembaga-lembaga atau organisasi-organisasi tidak mampu memberikan mereka tempat berteduh, tidak mampu memberikan makanan tidak mempu memberikan perlindungan dan rasa aman, Gerejalah solusinya!.  Banyak organisasi atau perushaan saat ini justru memerlukan orang-orang yang memiliki kecerdasan emotional and spiritual  yang tinggi riset membuktikan bahwa organisasi2 besar bisa sukses karena memiliki orang-orang yang memiliki karater luar biasa seperti  ini.  Dan yang bisa menyediakan orang-orang seperti ini adalah gereja local tentunya!.
Dengan kita rajin hadir dan  melayani di gereja lokal atau persekutuan, maka:
1.        kita memliki identitas sebagai anak-anak Allah oleh karena itu Allah mendirikan Jemaatnya/ kerjaaanya di dunia ini sebagai wujud pemisahan antara gelap (dunia) dan terang (gereja) yg kekal alam maut tidak akan menguasainnya (Mat 16:18)[11]
2.        Kita merasakan  kehadiran Allah dengan kuasanya karena diluar persekutuan dengan Allah tidak ada kuasa (Matius 18:19-20)[12]
3.        Kita memelihara tubuh kristus didunia ini, mungkin kita bisa masuk dan keluar dari Organisasi. Tetapi kita tidak bisa tidak peduli dengan bagian tubuh mu sendiri sama seperti Kristus terhadap jemaatnya (Efe 5:29)[13]
4.        Sebagai bagian dari tubuh Kristus, kita menjadi bagian dari turut menghasilkan kualitas gereja (I Kor 12:12-30)[14] Allah telah menyusun tubuh kita begitu rupa supaya jangan terjadi perpecahan di dalam tubuh tetapi supaya anggota-anngota yang berbeda saling memperhatikan.  Jika satu anggota menderita semua anggota turut menderita. Jika satu anggota dihormati semua anggota turut bersukacita.
Tidakkah kita sangat memerlukan gereja? , jika gereja tidak bisa memberikan apa yang saudara perlukan, jangan menunggu atau terus mengkritik kekurangannya karena tidak ada gereja yang sempurna, Bily Graham pernah mengatakan kepada salah seorang anggota gereja tertentu ketika ia menyampaikan kekecewaaannya terhadap gereja-gereja yang ia telah kunjungi.  Lalu Billy menjawab “saudaraku tidak ada gereja yang sempurna”  jika kelak engkau menemukan gereja yang sempurna gereja itupun akan menjadi tidak sempurna dengan kehadiran saudara”!  untuk itulah yang sempurna yaitu Kristus Yesus telah mati bagi kita agar kita menjadi sempurna oleh karena itu seharusnya berikanlah apa yang saudara bisa berikan untuk perubahan didalam Gereja saudara!.  komitmen saudara, doa saudara, keahlian saudara, untuk membangun Gereja saudara agar Kristus Yesus dipermuliakan!.


[1] Menurut Josephus/ Wikepdia.org
[2] “T” berasal  dari bahasa Ibrani “TAV” yang artinya tanda mirip salib. Dalam KJV diterjemahkan “mark”.
[3] Wahyu 5:5
[4] Matius 16:18
[5] Mat 28:19
[6] I Kor 12:3
[7] I Timotius  4:8
[8] Gal 1:1-2
[9] Ibrani 10:25
[10] I Timotius  4:8
[11] Matius  16:18
[12] Matius 18:19-20
[13] Efesus 5:29-30
[14] I Kor 12:12-30

Comments

Popular posts from this blog

Tujuan, Manfaat dan Cara Puasa

Anak adalah milik Pusaka Allah

Allah Menepati Janji-Nya