Berjaga-jagalah karena waktunya sudah semakin dekat!

Bacaan: Matius 24:37-42

Saudara mendahului kedatangan Anak manusia yang keduakalinya atau kita kenal dengan akhir zaman atau hari kiamat maka akan terjadi kesusahan besar melanda bumi dan mahluk ciptaan Tuhan. Matius 24 ini mencatat paling tidak ada 12 peristiwa yang secara bertahap digenapi sejak awal masehi sampai dengan hari ini!
1.     Peristiwa bait Allah di Yerusalem dirobohkan (ay.1-2,  ini sudah digenapi +/- 70 masehi 40 tahun setelah Tuhan Yesus disalibkan, mati bangkit naik ke sorga)
2.     Penyesatan (ay.3-4, banyaknya ajaran-ajaran yang menyesatkan tentang Yesus Kristus dengan munculnya ajaran-ajaran yang menentangYesus Kristus itu anak Allah yang lahir, mati disalibkan, bangkit dan naik ke sorga serta akan datang kebali ke dunia)
3.     Peperangan antar kerajaan; antar bangsa (ay.7-  dengan terjadi perang dunia ke I & II, perang antr suku dll)
4.     Kelaparan (ay.7 – sedang terjadi)
5.     Gempa bumi (ay.7- sedang terjadi)
6.     Orang percaya dibenci, dianiaya bahkan dibunuh (ay.9 – sudah dan sedang terjadi)
7.     Banyak orang percaya akan murtad (ay. 10 – sudah dan sedang terjadi)
8.     Saling menyerahkan/ menjerumuskan dan membenci (ay.10, sudah dan sedang terjadi)
9.     Munculnya nabi2 palsu dan menyesatkan banyak orang (ay.11, sudah dan sedang terjadi)
10.  Bertambahnya kedurhakaan (ay.12, sudah dan sedang terjadi)
11.  Kasih kebanyakan orang menjadi dingin (ay.12, sedang terjadi)
12.  Injil kerajaan Allah telah diberitakan sampai keseluruh pelosok dunia!(ay.14)
sesudah semua tanda ini terutama tanda yang terakhir (ay.14) barulah tiba kesudahannya!. Namun orang yang bertahan sampai kesudahaanya akan selamat (ay. 13). 

Untuk lebih memudahkan murid-muridnya membayangkan bagaimana kelak peristiwa itu terjadi Yesus mengambil sebuah contoh nyata peristiwa pada zaman Nuh sebagai gambaran tentang akhir zaman!. Dalam kejadian 6:5 dihgambarkan bagaimana keadaan manusia pada zaman Nuh begitu rusak dan membuat Allah sangat menyesal dan memilukan hatinya! Karena telah menciptakan manusia. Sehingga Allah merencanakan memusnahkan segala sesuatu yang ada diatas permukaan bumi dengan air bah dan memulai dengan bumi yang baru!  (mungkin saudara mengenal ttg manusia raksasa, binatang2 raksasa itulah kehidupan pada zaman Nuh, tapi setelah air bah maka semua itu tidak ada lagi).

Tidak semua orang yang berhak dan mendapat kasih karunia untuk masuk dalam dunia yang baru kecuali Nuh dan seisi keluargannya! (kej 6:8). Apa sesungguhnya yang membuat Allah sangat begitu mengasihi Nuh dan keluargannya?, Alkitab mencatat dalam Kejadian 6:9 & 7:1 paling tidak ada 3 hal dimana Nuh diperhitungkan:

1.     Nuh didapati hidupnya tidak bercela,
2.     Nuh hidup bergaul dengan Allah 
3.     Nuh hidup benar dihadapan Allah,

Saudara ada pepatah sedia paying sebelum hujan turun!.  Artinya semua manusia tahu bahwa jika cuaca mendung maka itu tanda akan turun hujan bukan?.  Oleh karena itu perlu sedia paying. Matius 24:32 Tuhan Yesus  mengajarkan  “Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara: Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, kamu tahu, bahwa musim panas sudah dekat”.  Tanda-tanda akhir zaman tersebut sudan dan sedang digenapi, itu tandanya kedatangan Tuhan Yesus sudah diambang pintu!.  Oleh karena itu Yesus Kristus mengajak kita untuk berjaga-jaga!!

Oh mungkin saudara akan berfikir buat apa kita berjaga-jaga? Tenang saja lah dari dulu juga sudah banyak gempa, banjir, dan kejadian aneh, tapi Tuhan Yesus tidak datang-datang juga….jadi Amanlah…” saudara pola pikir seperti ini tentu pekerjaan si iblis.  Ada satu fable menceritakan tentang 3 roh jahat yang akan menyesatkan manusia datang kepada penguasa yaitu iblis: yang pertama katakan, saya akan mempengaruhi manusia bahwa jangan percaya Allah, iblis berkata wah akan sia-sia karena umunya manusia tahu bahwa Allah itu ada.   Yang kedua mengatakan saya akan mempengaruhi manusia dan mengatakan bahwa neraka itu tidak ada untuk orang berdosa. Wah jangan-jangan semua manusia tahu bahwa neraka itu ada.  Kemudian yang ke datang dan mengatakan saya akan mempengaruhi manusia dengan mengatakan bahwa “engga usah terburu-buru”. Nah iblis mengatakan ini baru jitu, pergi dan katakana kepada semua manusia karena akan beribu-ribu orang binasa!. 
Apakah iblis berhasil? Ya, memahami pemahaman saudara-saudara kita dari kaum muslim mereka mengenal kiamat dua bentuk kiamat yaitu kiamat kecil dan kiamat besar!,  kiamat kecil berhubungan dengan kematian dan kiamat besar berhubungan dengan kedatangan Isa Almasih!.  Iblis berhasil memperdaya beribu ribu orang percaya ketika mereka terlena dengan kata “tidak perlu terburu-buru”  dan ketika ajal menyongsong sudah terlambat!. Apalagi kelak kedatangan Anak manusia?

Jadi berjaga-jagalah jangan terjebak dengan perangkap Iblis yang membuat kita malas untuk melakukan 4 hal yang Nuh lakukan:

1.     Jaga kekudusan dan kesucian hidup agar kita didapati tidak  tidak bercela (Mat 5:8;  I Tim 6:14)
2.     Tetap giat dan semangat bergaul dengan Allah, memelihara mesbah doa pribadi, merenungkan dan membaca Firman Tuhan, giatlah dalam beribadah dan bagi para pemimpin gereja giatlah dalam melayani. (Ibr 10:25)
3.     Hiduplah benar dihadapan Tuhan jangan dihadapan manusia!.  Tuhan Yesus mengingatkan kita, Jika hidup keagamaan saudara tidak lebih benar dari ahli-ahli taurat dan orang farisi maka saudara tidak akan masuk Kerajaan Allah (Mat 5:20).  Jadi Senangkanlah Tuhan jangan menyenangkan diri sendiri  atau pimpinan atau orang yang akan memberikan keuntungan buat kita.

!


Comments

Popular posts from this blog

Tujuan, Manfaat dan Cara Puasa

Anak adalah milik Pusaka Allah

Allah Menepati Janji-Nya