Betulkah hanya 144.000 yang diselamatkan?

Wahyu 7:1-8 
Saudara sebelum penderitaan besar akan melanda bumi.  maka Allah akan akan memberi tanda atau metrai kepada orang-orang percaya dan yang setia (ay.2).  Seperti yang terjadi kepada umat Israel pada Yehezkiel 9:1-11. dimana Allah memusnahkan orang-orang fasik atau keji baik orang tua, dara, teruna, anak-anak kecil dan perempuan di Yerusalem yang tidak diberi tanda “T”[1], mulai dari  tua-tua di pelataran bait Allah sampai ke tengah kota.  Dan kita tahu bersama bagaimana Yerusalem sekitar Maret-Sep 70M bait Allah di Yerusalem dihancurkan dan kota Yerusalem dilluhtantakan dan korbanya mencapai 1,1 juta orang[2]
Apa yang Yohanes saksikan dalam penglihataannya kurang lebih sama dengan apa yang terjadi pada awal Masehi di kitab Yehezkiel 9 tadi, dimana akan terjadi hal yang lebih dahsyat kepada semua orang dimuka bumi ini, dimana Malaikat pembebas yang datang dari penjuru matahari terbit (timur) membawa suatu tanda atau metrai  pada dahi atau kening orang-orang yang percaya dan layak menerimannya sehingga mereka terluput dan bertahan dalam masa kesusahan besar itu!.  dimulai dari mana dari gereja! Ingat kitab Wahyu menegur ke 7 Jemaat di Asia kecil (Turki Modern).
Apakah yang akan menerima tanda untuk diselamatkan  itu hanya 144.000 orang dari 12 suku Israel itu saja (ay.4-8) bagaimana dengan kita?, tentu tidak. Untuk memahaminya kita perlu mempelajari kepustakaan parerelisme Ibrani  dimana angka ini adalah angka simbolik saja. Mengapa demikian karena sesungguhnya suku Israel itu ada 13 dalam bacaan kita Suku Dan dan Efraim  itu dikeluarkan dari daftar karena mereka berbuat dosa!  dan diganti oleh suku Lewi yang  seharusnya tidak dimasukan dalam daftar ke 12 suku Israel karena tugasnya adalah melayani mesbah Allah dan melayani 12 suku[3], Juga suku Yusuf karena suku yusuf ini sudah di pecah menjadi suku Efraim dan Manasye. Sehingga susunan ini dibuat genap menjadi 12.  Karena angka 12 adalah perpaduan angka 3 dikali 4.   3 itu menunjukan Allah yang maha kudus, 4 itu menunjukan alam semesta jadi angka 12 itu perpaduan antara Allah dan manusia. Dan 144.000 itu didapat dari perkalian 12 x 12 suatu kuadran yang sempurna (seribu kali ganda). Adalagi angka 24  yaitu mewakili tua-tua suku Israel 12 dan 12 para rasul atau murid Tuhan Yesus!.
Saudara peristiwa di th 70M kehancuran Bait Allah di Yerusalem merefleksikan bahwa Allah sangat kecewa dengan sikap suku-suku Israel  (Yehuda) mereka terus jatuh kedalam dosa berulang-ulang kali dan dan membuat Allah kecewa!, sehingga Allah melepaskan hak Istimewa yaitu “umat pilihan” tidak lagi kepada suku-suku Israel.  Sejarah mencatat 10 suku telah lenyap dan hanya tersisa 3 suku sampai  masa awal Masehi yaitu Suku Yehuda (Yesus), Suku Lewi (imam Zakaria)  dan Suku benyamin (Rasul Paulus) tapi sepertinya 3 suku itupun telah lenyap pada tahun 70M ketika nubuatan Yehezkiel dinyatakan dimana Yerusalem diluluhlantakan! Dan Allah menyerahkan Hak istimewa umat pilihannya Tidak lagi kepada suku-suku Isreal tetapi kepada Geraja!. Kita tahu bersama siapa pendiri gereja itu dialah Yesus Kristus, singa dari Yehuda, tunas Daud[4]. Yesus sendiri mengatakannya “Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya”[5]
Itu berarti Ke-144,000 melambangkan 'kepastian dan kegenapan yang sempurna, 12 x 12 adalah seribu kali ganda. Ketika Yesus di dunia, Ia pernah menyebutkan "Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub didalam Kerajaan Surga"[6].  Anugerah keselamatan yang digenapkan Yesus Kristus diatas kayu Salib, telah menyebabkan kita yang dahulu "jauh" sudah menjadi "dekat". Pembeberan suku-suku itu melambangkan kesempurnaan bilangan orang-orang kudus Allah, dimana Allah menetapkan gereja/jemaat Kristus sebagai Israel yang benar (Roma 2:28-29; Galatia 3:29; 6:16; Filipi 3:3; Yakobus 1:1; 1 Petrus 1:1; 2:9).

Didalam Kristus, kita (orang Yahudi dan non-Yahudi) telah dipersatukan, tembok pemisah antara keduanya telah dirobohkan; dengan kematianNya diatas kayu salib, Ia menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru didalam diriNya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera. Orang non-Yahudi didalam Kristus melalui Injil menjadi ahli waris, satu tubuh dan satu perjanjian pula (Efesus 2:13-15). Jika dalam kerajaan Allah yang kekal, tidak lagi terdapat diskriminasi antara Yahudi dan non-Yahudi.
Itu berarti penglihatan ini menunjuk ke masa depan dimana akan banyak orang yang akan diselamatkan sejauh yang Tuhan kehendaki yaitu bagi mereka yang menerima tanda!. Dalam gereja perdana tanda atau metrai itu  dikaitkan dengan 2 hal:
1.        Baptisan yang memiliki makna bahwa suatu tanda telah dikenakan kepadanya sebagai tanda bahwa ia telah milik Allah (Mat 28:19)
2.        Rasul Paulus biasanya berbicara tentang orang Kristen yang dimetraikan lewat pemberian Roh Kudus sebagai tanda bahwa seseorang telah menjadi milik Allah. Orang Kristen sejati ditandai oleh metrai Roh yang memampukan dia untuk memiliki hikmat dan kekuatan untuk menjalani kehiduan dengan cara yang melampaui capaian orang lain. (Yoh 14:26)
Jadi kehadiran GEREJA yang adalah Israel yang baru, babtisan[7]dan memiliki Roh Kudus[8] merupakan ciri atau Tanda yang baru sebagai umat kepunyaan Allah.  Oleh karena itu ciri atau tanda yang baru ini harus terus melekat dan bertumbuh didalam setiap orang percaya dalam kehadiran dan pelayanannya di Gereja.  Dimanakah saudara di metraikan/ ditandai sebagai milik  Allah melalui  baptisan dan menerima Roh Kudus?, dimana sudara bertumbuh (makan dan minuman rohani) akan pengenalan akan Tuhan?, dimanakah saudara di sidi?, dimanakah pernikahan saudara berkati?, dimanakah mayat saudara diberkati?  Jawabannya tentu di GEREJA!.  Oleh karena itu beribadahlah dengan giat karena akan membawa keuntungan baik saat ini maupun masa yang akan datang![9].  inilah keuntungannya kita akan senantiasa mengalami kehadiran Allah dan apapun yang kita minta dikabulkan[10], kita bisa saling melayani dan menolong seorang akan yang lain[11]


[1] “T” berasal  dari bahasa Ibrani “TAV” yang artinya tanda mirip salib. Dalam KJV diterjemahkan “mark” - Wikepedia.org
[2] Menurut Josephus/ Wikepdia.org
[3] Yosua 14:4; 3:12 & Bil 10:11-28
[4] Wahyu 5:5
[5] Matius 16:18
[6] Matius 8:11
[7] Mat 28:19
[8] I Kor 12:3
[9] I Tim 4:8
[10] Mat 18:19-20
[11] Ibrani 10:25

Comments

Popular posts from this blog

Tujuan, Manfaat dan Cara Puasa

Anak adalah milik Pusaka Allah

Allah Menepati Janji-Nya