PERANAN ROH KUDUS DI DALAM DUNIA

Dari semua karunia yang diberikan Allah kepada manusia, tidak ada yang lebih berharga dari kehadiran Roh Kudus dalam hidup kita.   Roh Kudus bersifat: OMNIPOTENT (maha kuasa), OMNISCIENT (maha tahu) dan OMNIPRESENT (maha hadir) dan manusia adalah KABAH bagiNya.

KehadiranNya didunia memiliki :  FUNGSI, PERAN, dan KARYA.  Dalam Yoh 16:7-11, dikatakan:

“16:7 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.

16:8 Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;

16:9 akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;

16:10 akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi;

16:11 akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.”

 
Inilah FUNGSI dari Roh Kudus datang ke dunia adalah menginsafkan dunia akan dosa. Roh Kudus mebawa setiap manusia (percaya atau tidak) memiliki “kesadaran akan Allah” baik diakui atau tidak Roh Kudus  menyainkan  semua orang melalui argument-argumen yang mendasar dan beralasan bahwa mereka adalah “orang-orang berdosa”. dan upah dosa ialah maut!.   Roma  6:23,  Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.  INILAH FUNGSI ROH KUDUS SECARA UMUM di dunia!. 

Dan secara khusus bagi kita yang diselamatkan dan menjadi milik Allah, Roh Kudus berdiam di dalam hati kita untuk selamannya, meneguhkan, mengesahkan dan menjamin kita memperoleh hidup yang kekal. Oleh karena itu barang siapa yang tidak percaya Yesus Kristus dan mengundang Roh Kudus hadir di dalam hati mereka, mereka telah berdosa! (ay 9) dan akan kebenaran bahwa Yesus naik ke Sorga duduk disebelah kanan Allah Bapa (ay10) dan akan penghakiman  (ay 11).

Inilah PERAN dari Roh Kudus hanya bagi orang yang telah menerima di dalam hati mereka (orang percaya): dalam:

1.       Yohanes 14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,

2.       Yohanes 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

3.       Yohanes 15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.

4.       15:27 Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku."

5.       I Kor 12:3 Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorang pun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: "Terkutuklah Yesus!" dan tidak ada seorang pun, yang dapat mengaku: "Yesus adalah Tuhan", selain oleh Roh Kudus.

6.       I Kor 12:7-11 – tentang karunia Roh Kudus (dibaca).

 
Jadi peran Roh Kudus adalah:  MENOLONG,  MENGHIBUR dan MENUNTUN orang percaya berjalan di dalam kebenaran supaya kita tetap SETIA dan menjadi SAKSINYA!. DAN memberikan KARUNIA!  (berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan, memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan,  kuasa untuk mengadakan mujizat,  dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu.)

Semua karunia yang diberikan baik kecil maupun besar dalah pemberian Roh Kudus agar kita dapat menjadi DUTA BESAR-NYA di dunia menunjukan anugrahnya dan memuliakannNya.

Inilah KARYA dari Roh Kudus,  ketika Roh Kudus yang berdiam di dalam diri kita berkarya ia menghasilkan buah-buah dalam kehidupan kita – Dalam Galatia 5:22-23: Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, 5:23 kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

ini bukan hasil pekerjaan daging kita yang tidak ungkin menghasilkan buah semacam ini namun semata-mata hasil pekerjaan Roh Kudus.

Roh Kudus mau masuk kedalam hati manusia apabila manusia mengundang DIA masuk begitupun sebaliknya:  IA dapat ditentang (Kis 7:51), IA dpt berdukacita (I Tes 5:19, IA dapat mundur (I Sam 16:14), IA dapat dihujat sbg dosa yg tdk ada terampuni (Mat 12:31-32) – (karena hanya Roh Kudus yang bisa membuat orang bertobat)

Puji Tuhan untuk anugrah yang berharga ini: Roh Kudus dan KaryaNya dalam kehidupan kita.

Comments

Popular posts from this blog

Tujuan, Manfaat dan Cara Puasa

Anak adalah milik Pusaka Allah

Allah Menepati Janji-Nya