Yoshua 10:38-43
Saudarahidupkitatidakakanpernahmengalami KEMENANGAN sampaikepadakitamemiliki IMAN dan KESETIAAN penuhkepadaPerintahdanJanjiAllah.

Yosuadanrakyat Israel tidakakanpernahmampumengalahkanbangsa-bangsakanaan, yang digambarkansebagai orang-orang yang tingibesarsepertiraksasadankuatTanpa IMAN dan KESETIAAN merekakepadaperintah Allah.
10:40DemikianlahYosuamengalahkanseluruhnegeriitu, Pegunungan, Tanah Negeb,v  Daerah Bukit danLerengGunung,w besertasemua rajax mereka. Tidakseorangpun yang dibiarkannyalolos, tetapiditumpasnyasemua yang bernafas, seperti yang diperintahkany  TUHAN, Allah Israel.(ayat 42)10:42Semua raja inidannegerimerekatelahdikalahkanYosuasekaligus, sebab yang berperangc untuk orang Israel ialah TUHAN, Allah Israel
Iman dan kesetiaan Yosua terhadap janji Allah dalam ulangan 7:1-6 membuat Yosua berhasil menaklukan tanah kanaan

Saudarakadangkitasulitmemahamipikiran Allah, disatusisiIamemerintahkanjanganmembunuh, tetapi di sisi lain Iamemerintahkansebaliknya.  KalaukitatidakbisamenerimaseluruhkebenaranfirmanTuhandengantulushati, makakitamencobamenempatkanTuhansejajardenganmanusiadaniniakanmelahirkanbidat (perbuatanibadah yang tidakmenurutketetapan=menyimpangdenganmenambahataumengurangi).SepertiAliranMarcion,  sebuahaliran yang tidakmengakui PL danhanyamenerimaInjildanbeberapakitabRasul Paulus.SaudaraterimalahAlkitabapaadanya, janganmenambahataumengurangi, karena Allah ituberdaulatterhadapciptaannyatermasukmanusia.  ApabilaTuhan yang memberiperintahjangantanyamengapadanjanganmeragukanperintahnya, hanyalakukansajadenganImandankesetiaan, bahkanuntuksesuatu yang tidakmasuk di akalmanusia!.DenganmenerimaAlkitabapaadanyamakaKuasaTuhanpastiakankitaalamisepertihalnyaYosua.   JanganbanyakmempertanyakanataumeragukanperintahTuhanitumenandakanbahwakitatidakpercayakepadaperintahdanjanji-Nya, tetapihanyalakukansajaperintahTuhandanpercaya/ beriman, itu yang Tuhanmau!.

MempertanyakanperintahTuhandanmeragukankuasannyasamahalnyadenganmemberontakkepadaTuhan, dankitatahubersamabahwakonsekuensimemberontakkepada Allah adalahkematian!.Seluruhumat yang telahbersunggut-sungutdan 10 (sepuluh) kali melawanTuhan Allah danberusia 20 tahunkeatassertaparapemimpin Israel dan 10 pengintai yang menyebarkankabarbusuktentangkanaankepadaumatharusmatidipadanggurun, kecualiYosua, Kalebdanseluruhgenerasi yang berusiadibawah 20 tahunmerekalah yang berhakmasuktanahkanaan (tanahperjanjianyang berlimaphsusudanmadu).bacaBilangan 14!.
14:6TetapiYosua bin Nunr danKaleb1  bin Yefune, yang termasuk orang-orang yang telahmengintainegeriitu, mengoyakkanpakaiannya,s 14:7danberkatakepadasegenapumat Israel: "Negeri yang kami laluiuntukdiintaiituadalahluarbiasabaiknya.t 14:8Jika TUHAN berkenankepadakita,u makaIaakanmembawakitamasukkenegeriitudanakanmemberikannyakepadakita,v suatunegeri yang berlimpah-limpahsusudanmadunya.w 14:9Hanya, janganlahmemberontakx kepada TUHAN, danjanganlahtakuty kepadabangsanegeriz itu, sebabmerekaakankitatelanhabis. Yang melindungimerekasudahmeninggalkanmereka, sedang TUHAN menyertaia kita;b janganlahtakutkepadamereka.c "
Untukpercayadanberlakusetiamemangtidaklahmudah,  olehkarenainilahYosuadanKalebhampir-hampirdirajambatu. TetapitidakperlutakutTuhanselalumembela orang benar!.bacaBilangan 14:10!.
14:10Lalusegenapumatitumengancamhendakmelontarid kedua orang itudenganbatu.Tetapitampaklahkemuliaan TUHANe  di Kemah Pertemuankepadasemua orang Israel.
Untukmemilikiimandankesetiaanpenuhmemangtidakmudahperluhati yang baru, perluhidupbarusepertiTuhanmenginginkangenerasi yang baru yang lahirdipadanggurundan yang setiasajabolehmasukkedalamtanahperjanjian!.
Setelah Yosua dan rakyat itu menempati tanah Kanaan, makaterjadilanpembagiantanahperjanjiandiantarasuku-suku Israel danmerekamenetapditanahperjanjianitupadasaatitulah roti manadandagig yang Tuhanturunkandarisorgaberhentidansegenapumatmemakanhasiljerihpayahmerekaditanah yang berlimpah “susudanmadunya” itu!.
KemudianYosua mendesak seluruhumatuntuk membaharuikomitmenperjanjian mereka dan mempersembahkan diri merekauntukmelayani dan mengasihi Tuhan denga nsege naphati, MENGAPA?KarenaYoshua mengetahuitrack record catatan perjalanan umat Israel sesungguhnya mereka umat yang tidaksetia, barusaja Allah melepaskanmerekadarikejarantentarafiraundan di tinggalmusa 40 harimerekasudahmembuatpatung den menyembahnya,   merekaselalubersunggut-sungutdanmenyalahkanTuhanpadahalTuhansudahbertindakluarbiasadalamhidupmereka, merekatidaktahuterimakasih.OlehkarenaituYosuamemanggilsegenaprakyatdan mengadakan pembaharuan perjanjiansepertidalamYosua 24:15-17).
24:15Tetapijikakamuanggaptidakbaikuntukberibadahkepada TUHAN, pilihlahpadahariinikepadasiapakamuakanberibadah; allah yang kepadanyanenekmoyangmuberibadah di seberangsungaiEfrat, atauallah orang Amorin  yang negerinyakamudiamiini. Tetapiakudanseisirumahku,o  kami akanberibadahkepada TUHAN2 !p "
Tetapi apa yang terjadisaudarasetelahYoshuadantua-tua Israel meninggaltidakadalagiangkatan yang setiasetelahituBagsa Israel memberontakdanmerekatidakmenginginkanTuhanlagisebagaipemimpinmerekamemintapemimpinsepertilayaknyabangsa-bangsadisekitarmereka yang tidakpercayakepadamerekalalubangsaitumemilhi Saul, kemudianDaud, Salomo, bangsainiterpecahmenjadikerajaanutara (Israel) danselatan (Yehuda),  kemudian raja-rajanyatidakberlakusetia totally tidakditemukantipepemimpinsepertiYosua!. Dan bangsainiharusmengalamipenderitaan yang keduadanlebih lama 70 tahun di pembuangan di Babel dankahirnya ALLAH saja yang harusberinisitifmengajakanpembaharuanperjanjiankomitmentidaklagidenganumatpilihantetapiIamembukanJanji-Nyadengansemuabangsa-bangsadimukabumi yang maupercayadansetiakepada-NyayaitukepadaYesusKristusTuhan Kita!.

Saudara ASET (harta) ternesarkitabukanlahkemampuanfisikataukepandaianmelainkan IMAN dan KESETIAAN kitakepada ALLAH.Itulah PERSEMBAHAN YANG HARUM BAGI ALLAH, danmembawakitakepadakemenanganhidup.

Comments

Popular posts from this blog

Tujuan, Manfaat dan Cara Puasa

Anak adalah milik Pusaka Allah

Allah Menepati Janji-Nya