UMAT YANG TIDAK SETIA

Bacaan: Hosea 2:1-7

Saudara di dunia ini ada tiga tipe orang:
1. Orang BAIK, cirinya penurut, taat, setia
2. Orang BEBAL, cirinya tidak penurut, tidak taat, tidak setia
3. Orang JAHAT, cirinya melawan, pembangkang suka menyakiti
Terkait tema hari ini, UMAT YANG TIDAK SETIA, kita tidak akan pernah berubah sampai kepada kita taat atau setia kepada Allah tanpa syarat sama halnya dengan Allah mengasihi umatnya tanpa syarat!. Gambaran Israel yang tidak setia digambarkan dalam kehidupan rumag tangga Hosea yang hancur hatinya karena Gomer istrinya (mantan pelacur) yang dinikahinya atas perintah Tuhan!. Kalau tanpa perintah Tuhan saya yakin Hosea tidak akan mau mengawini seorang pelacur!.

Tetapi Hosea taat kepada rencana Tuhan demi kehidupan umat Isarel. Dengan belas kasihan Hosea mengasihi dan memberi nafkah yang berlebih kepada Gomer tetapi apa yang Gomer lakukan ayat 7 dikatakan TETAPI DIA TIDAK INSAF semua yang diberikan kepadanya bahkan dipersembahkan untuk membuat patung baal, perilaku asusilanya tidak pernah berubah, bahkan ketiga anaknya Yizriel, Lo-Ruhama dan Lo-Ami mau menggambarkan bahwa Allah tidak lagi menyayangi dan akan meninggalkan umat-Nya.

Itulah hukuman Allah terhadap umat yang BEBAL dan JAHAT tidak taat, melawan dan berbuat kejatahatan turun temurun dari sejak Yosua membawa mereka masuk tanah kanaan, sampai mereka terpecah menjadi dua (Israel dan Yehuda) tidak didapati pertobatan secara nasional dari 42 raja-raja Israel dan Yehuda 97%nya berbuat apa yang jahat dimata Tuhan!, 10% nyapun tidak! hanya 3% saja yang hidupnya benar di mata Tuhan (Daud, Hizkia & Yosia)!. Mungkin kalau 10% saja taat mereka akan diselamtkan dari pembuangan (Asyur & Babel). 10% adalah tawar menawar Allah dengan Abraham sebelum memusnahkan kota Sodom dan Gemora tapi ternyata disana hanya terdapat 4% saja yang hidup benar dimata Tuhan di kota itu Lot, istrinya dan 2 anaknya (kej 18:26-33). Akhirnya Tuhan menghukum kota Sodom dan Gemora dengan api belerang!.

Hal yang yang sama terjadi kepada Israel umat pilihan-Nya!. Tidak ada alas an yang kuat bagi Tuhan untuk mengasihani Israel, Hosea 1:4-9 mau menggambarkan bahwa Allah sudah meninggal umat-Nya! Saudara itulah konsekuensi dari kehidupan umat Allah yang tidak Taat. Yang taat mendapat berkat yang tidak taat kena hukuman.

Saudara bagaimanakah supaya kita bisa hidup taat dan setia kepada Tuhan?. Mulaialah dari Keluarga! Itulah yang mau disampaikan oleh Hosea![1], Hal inijuglah yang diingatkan Yosua kepada umat Israel sebelum Yosua mati (Yos 24:15) ia katakana “ Aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada Tuhan!.” Dan amanat hidup baru hari ini yang terambil dari Titus 2:1-10 mengajak kita bersikap sebagai (orang tua, sebagai anak dan sebagai hamba untuk hidup taat kepada Tuhan!. Titus mau mengajak setiap keluarga untuk berhati-hati dengan ilah zaman ini ilah yang sama yang telah merusak umat Allah turun temurun sejak dunia ini dijadikan yaitu HAWA NAFSU. Hawa nafsu terkait 3 hal: Sex, Uang & Kekuasaan ini pulah yang telah menghancurkan kepemimpinan raja-raja Israel dan Yehuda juga banyak rumah tangga Kristen dimuka bumi ini[2]

Kolose 3:5-17 mengajak umat percaya untuk menghidari 3 hal hawa nafsu tersebut! Dengan mengenakan 3 hal yang akan membawa hidup kita diberkati!:
1. Baharui TUBUHMU (Matikanlah dalam diri (berhubungan dengan tubuh) kita segala sesuatu yang duniawi (Kol 3:1))
2. Baharui JIAWAMU (Buanglah semuanya itu geram, kejahatan, fitnah (berhubungan dengan jiwa) (Kol 3:8-9)
3. Biarlah ROH ALLAH mengendalikan hidupmu :
a. Kenakanlah karakter Allah (belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemah lembutan dan kesabaran (kol 3:12)
b. Biarkanlah damai sejahtera Kristus memerintah dalah hati kita (Kol 3:15)
c. Biarkanlah perkataan Kristus (pengajaran & teguran) diam diantara kita (Kol 3:16)
d. Apapun yang kita lakukan dalam perkataan dan perbuatan lakukanlah didalam nama Yesus sambil mengucap syukur (Kol 3:17)

Saudara Matius 11:28-30, Yesus mengudang semua orang yang letih, lesu dan berbeban berat datang kepadanya supaya memiliki Jiwa yang lega dan mendapat ketenangan hidup, Amsal 14:26-27 mengajak hidup kita untuk takut akan Tuhan supaya hidup kita akan terntram dan terhindar dari jerat maut!.

______________________________
[1] Hosea seperti halnya Yesaya, Amos dan Mika yang melayani pada masa yang sama pemerintahan raja Uzia, Yotam Ahas dan Hizkia di Yehuda dan Yerobeam bin Yoas di Israel, mereka masing-masing dipangil Allah untuk melayani di bidangnya masing-masing. Yesaya melayani dipemerintahan; Amos seorang petani melayani di usaha pertanian dan Mika seorang rabi melayani mesbah Tuhan di Bait Allah. Pelayanan mereka masing-masing memiliki tujuan sesuai rencana Tuhan untuk membawa semua umat bertobat, termasuk Hosea yang melayani Rumah Tangga!.
[2] Di Amerika 50% dari perkawinan adalah single parent; di Jawa barat setiap bulan pengadilan agama memutusakn perkara cerai 1000 pasangan belum termasuk orang-orang percaya)


Comments

Popular posts from this blog

Tujuan, Manfaat dan Cara Puasa

Anak adalah milik Pusaka Allah

Allah Menepati Janji-Nya